Sunday, December 27, 2015

Gue Bukan Desainer!



Ngomong-ngomong, ini postingan pertama gue di blog ini (terus gue harus bilang wow gitu?). Ini blog gue yang kesekian kalinya dibuat, blog-blog sebelumnya gak pernah diurus dan mungkin yang ini juga gak akan keurus :p hanya Alloh yang tau.

Sesuai dengan tema dongeng yang selanjutnya akan di paparkan disini yaitu:
Gue Bukan Desainer!
Kata-kata itu mungkin yang selalu gue bilang pada teman-teman, Ibu, Bapa, Kakek, Nenek, Bibi, Guru, yaelaaaah panjang banget gan! (dan seterusnya pokonamah lah) saat mereka bertanya kenapa keseharian gue ini selalu didepan komputer, dan lagi buka program Corel Draw serta Google Chrome yang sedang membuka jendela situs web freelancer.com dan 99designs.com. Untuk Corel Draw dan Google Chrome mungkin kamu yang lagi baca tulisan gue ini sebagian udah pada nyahoo ya? Pokonamah Corel Draw paragi nyieun vector graphic dan Google Chrome paranti internetan, Sedangkan Freelancer.com dan 99designs.com merupakan tempat bagi orang-orang miskin mencari dollar dan orang-orang kaya mencari desain. Wah, naha bet kitu nya?

Sebenernya rumit cuman gue mau coba bikin simpel, dimulai dari:

Freelancer.com

Freelancer.com is the world's largest freelancing, outsourcing and crowdsourcing marketplace by number of users and projects. We connect over 14,772,266 employers and freelancers globally from over 247 countries, regions and territories. Through our marketplace, employers can hire freelancers to do work in areas such as software development, writing, data entry and design right through to engineering, the sciences, sales and marketing, accounting and legal services.
 Tau nggak artinya? pake translate aja weh ya hehe...

99designs.com

Our journey began with a group of designers who were competing together on the Sitepoint forum to create the best designs. In 2008, that friendly competition grew into a unique design marketplace, which ultimately forged connections between tens of thousands of small businesses and a global community of designers that’s now over 950,000 members strong. We’re continuing to pioneer new and exciting ways for designers and businesses to collaborate. Because we believe that every connection we make moves a business forward, shapes a designer’s career, and brings another ambitious business owner closer to their vision of success. Today, a new design is uploaded to the platform every 1.5 seconds and to date we’ve paid out more than $96,824,397 to our designer community. From our offices in San Francisco, Melbourne, Berlin, and Rio de Janeiro, we’re working hard 24/7 to provide our customers with the best platform for getting their dream designs on demand.
Untuk lebih mengenal lebih dekat tentang mereka berdua silahkan menuju linknya.

 Sambung lagi ya gan! Tentang semua pertanyaan mereka terhadap gue mengenai keseharian gue tersebut. Akhirnya gue bercerita lebih dalam kepada mereka.

Awal Mula

Tahun 2013, pokoknya pas gue duduk dikelas 3 SMK dan setelah mau lulus (mungkin sekitar 2-3 bulan lagi), I was wondering,
how can I make money without investing?
Berpikir terus menerus bagaimana caranya gue bisa ngasilin uang tanpa biaya/modal? Karena mungkin gue tidak akan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena biaya (alhamdulillah sekarang bisa, gue jadi mahasiswa men hehe :D) disitu gue mulai ngobrol-ngobrol kecil dengan beberapa teman gue yang kampretnya mempunyai pemikiran yang sama dengan gue. Membuat gue menjadi lupa akan semua kesenangan duniawi yang indah...

Gue mulai dapet akal... kenapa gue nggak cari uang lewat internet dan cari di internet caranya dapat uang dari iternet (eleuh-eleuh!!)? Seperti yang kita tau, internet merupakan tempat browsing pokonyamah. Gue masih inget tuh search keyword yang gue masukkan ke dalam search tab Google pada saat itu, yaitu:
cara dapat uang melalui internet tanpa modal
setelah gue klik, ternyata muncul semua pertanyaan gue di Google search result, walaaah loba euy! banyak banget hasilnya gan!!!

Satu persatu link gue buka dan gue pahami, ternyata bener dugaan gue... cari uang di internet itu mudah!!! Mudah karena kita merasakan, tidak melakukan haha :v banyak caranya dapet uang dari internet walaupun tidak ada yang gratis sama sekali, maksudnya setidaknya membutuhkan akses internet yang mengharuskan kita membeli modem atau pergi ke warnet.

Diawali PTC

Pada saat itu, gue mulai mencoba hal aneh yang gue temui, yaitu PTC. PTC (Pay to Click) merupakan pekerjaan yang kita kerjanya klak-klik iklan doang, terus liat iklan (walaupun sambil ngupil, bersin, dan sajabana). Banyak situs PTC sampe saat ini (2015) terus biasanya satu iklan itu berdurasi 30 detik (rata-rata) dan satu iklan itu harganya sekitar $0,001 atau setara dengan 10 perak rupiah, satu harinya biasanya ada sekitar 20-30 buah iklan. Jika dihitung mungkin 1 hari bisa dapet 300 perak rupiah, are you kidding me? Itu kalo kita register di 1 situs PTC, gimana kalo 10 atau 100 situs kita join? mungkin dalam 1 hari bisa dapat uang sekitar 3.000 rupiah, paling banyak 30.000 rupiah.

Menilai PTC ini banyak yang pernah coba sampai mereka telah berhasil dan memang bener-bener dapet uang dari PTC tersebut disitu gue mulai tertarik, gue join sekitar 50 situs PTC dan mengklik iklan setiap hari. Dengan tidak sadar gue boros banget gan! karena pada saat itu gue cuman pake modem dan paket internet tri yang selalu gue beli dari om gue. Hari demi hari, gue mulai absen dengan hal bernama PTC, karena bosan dan memerlukan waktu yang lumayan lama baru untung, akhirnya gue memutuskan untuk berhenti. Tapi untuk agan yang sempet baca hal ini silahkan kalo punya hobi klik iklan bisa terus melanjutkan perjuangannya dan saya doain sukses deh! Mengingat gue orangnya mudah bosen akhirnya gue coret PTC dari list pekerjaan gue dimuka bumi ini HA HA HA (ketawa jahat).

Mengenal Forex

Selain PTC, gue menemukan sebuah cara baru yang gue pikir tidak adil, mengapa demikian? Namanya Forex, merupakan singkatan dari Foreign Exchange.
Forex adalah berasal dari kata ” Foreign Exchange ” , yang berarti pertukaran mata uang asing , atau pertukaran mata uang yang satu dengan yang lainnya , yang tujuan awalnya adalah untuk pembayaran luar negeri .
Dikutip dari: http://siembah.com/arti-forex-adalah

Disitu disebutkan, bahwa keuntungan yang kita dapat adalah jika prediksi kita akurat. Cuma liat grafik angka naik turunnya mata uang. Bahasa kasarnya jika kita memprediksi nilai mata uang akan naik dan grafiknya naik, maka kita untung, terus jika kita prediksi nilai turun dan pada saat itu naik, maka rugi. Mungkin agan bisa telusuri lebih lanjut atau bisa cari di Google untuk tau lebih lanjut tentang apa itu forex.

Mudah banget dapet uangnya gan! Lagi-lagi kalo kita prediksi... haha

Gue cari yang gratis disitu dapet beberapa situs forex yang dapat uang untuk bertrading. Lucunya, gue waktu itu belum punya KTP, dan semua akun Forex yang gue bikin atas nama bapak gue. Akhirnya gue mulai melakukan trading dan gue mulai males pada saat banyak hal yang gue nggak ngerti! Pokoknya kalo mau ikutan Forex dan meraup keuntungan didalamnya agan harus mengetahui terlebih dahulu tentang seluk beluk Forex, hingga ke akar-akarnya. Keuntungannya sampai agan sekali trading agan bisa beli rumah! Lanjut agan-agan yang suka bermain di Forex! apalagi gue denger-denger Forex ini tidak haram, 100% halal gan karena ada transaksinya.

Menilai Forex merupakan hal yang rumit (bagi gue) akhirnya gue coret dari list (lagi-lagi).

Kisah ini sebetulnya terbagi menjadi 2 artikel, dan agan bisa liat part 2 disini

No comments:

Post a Comment

author
Reyki Reyvalda
Sedikit bisa desain, resep mengbal, bageur, bener, pinter. Mau kaos hadé? Cék didieu lur!