Sunday, December 27, 2015

Gue Bukan Desainer Part 2

Bagi agan yang belum tau bagaimana keseruan part 1 dari 2 part topik ini, silahkan menuju ke part 1

Desain Grafis? Why Not!

4 Bulan sudah gue mencari cara untuk meraup keuntungan yang tanpa mengeluarkan keringat,  tetapi hasilnya nihil, sampe gue menemukan salah satu artikel menarik dari salah seorang Blogger Indonesia (udah lupa lagi linknya). Dia menceritakan bagaimana dapat uang jutaan dari bisnis desain grafis khususnya logo secara detail di artikelnya. Gue mulai mengumpulkan asa, mengumpulkan rokok untuk mejeng didepan laptop dan sediki makanan ringan.

99designs

Setelah mulai mengerti mengenai cara-cara dapat uang dengan keahlian desain grafis (ingat loh gue bukan desainer ya!) akhirnya gue memutuskan untuk membuat akun di 99designs. Gak heran, bule-bule dari luar negeri tak tanggung-tanggung mengeluarkan budgetnya buat bikin satu desain logo, di 99designs, harga 1 konten desain grafis minimal adalah sampai $399 ($100 untuk pihak 99designs) sampai gue pernah liat harga kontes sampai $5000 atau sama dengan Rp. 50.000.000 (wow nol nya ada 7 gan!). Saat itu gue mulai main-main di situs 99designs dan banyak menemukan pemenang-pemenang lomba desain grafis, Gue bangga karena banyak di recent winner warga Indonesia yang menang di kontes desain grafis, mulai dari logo, website, brosur, t-shirts, dll. Gue mulai merasa ciut karena mungkin ketat banget persaingannya gan (karena 1 kontes biasanya hanya 1 pemenang tetapi gimana si pemegang kontes atau si contest holder apakah dia mau pilih lebih dari 1 pemenang) 

Corel Draw, Susah-susah Sulit (Gak Gampang)

Banyak hal yang dikatakan orang bahwa sesuatu pekerjaan itu susah-susah gampang, terkecuali (menurut gue) Corel Draw. Karena sebagian besar orang-orang yang hinggap di bumi ini memang sering menggunakkan Corel Draw dalam pembuatan file grafis berbentuk vector. Walaupun tak sedikit juga dari mereka yang menggunakan Adobe Illustrator (jangan paksa gue untuk meneliti Adobe Illustrator). Memang, membuat sebuah desain grafis itu harus bisa memiliki keahlian khusus (katanya sih) harus mampu membaca pemikiran apa sih yang dibutuhkan client.

Gue belajar Corel Draw secara otodidak gan, pokoknya apa yang gue mau di Corel Draw, gue cari di Internet. Contoh kecilnya yang gue lakuin yaitu mencari di gogle dengan search keyword "cara membuat lingkaran di Corel Draw" dan baaaam... satu kali klik langsung ribuan link muncul. Terus seterusnya gue cari hal-hal lainnya di internet sampai gue mulai mengerti (walaupun sebagian)

Memulai Semuanya

Gue mulai mencari kontes logo (karena menurut gue pembuatan desain logo gak selama bikin desain yang lainnya) dan mendapati salah satu kontes logo untuk sebuah gereja. Wih disitu banyak banget logo-logo buatan orang-orang bule yang bagus gan! gue sampe ngiri liatnya. Tapi gue tetep optimis karena menurut gue, apa yang di cari client bukanlah hal yang bagus, tetapi hal yang dinilainya bagus (semoga agan ngerti maksud saya)

Dirijek, Dirijek, Dirijek Aja!

Awal mula gue bikin logo, si client nggak suka dan akhirnya gue dapet e-mail dari 99designs kalo konsep gue dirijek. Masya Allahuakbar! gue bikin capek-capek dan sekuat tenaga dan sepenuh harapan malah di rijek! Ini diluar dugaan gue karena menurut gue, desain gue itu terbagus dari yang lain (rarasaan sorangan weh eta mah!). Secara berkala, pihak 99designs pasti mengirimi kita email sebagai notifikasi apapun yang terjadi di 99designs.

Hari demi hari, minggu demi minggu berlalu, gue sadar kalo gue udah mulai lupa akan kesehatan hidup gue. Gue selalu bangun kesiangan karena malamnya tidur subuh. Bangun kesiangan juga biasanya jam 10 pagi, dan hal yang pertama kali gue lakukan pada saat bangun itu langsung menghidupkan laptop (btw ini laptop punya adik gue, warnanya pink merk lenopo, gue pinjem darinya karena gue teu boga!) dari pagi sampai subuh gue selalu online diinternet, NON STOP gan! Gue mulai merasakan kesakitan di tubuh gue hanya karena  gue terlampau ingin dapet untung dari 99designs, secara hadiahnya ngiler gan!.

Upaya Maksimal... Hasil? Masih Nihil

Tak terasa sudah 2 bulan semenjak gue bergabung di 99designs dan hasilnya pasti geus nyaho lah! YA!!! Nihil... Lalu sedikit-sedikit gue mulai mengingat kembali perkataan Pittacus Lore, di filmnya yang berjudul I am Number Four...
No. Don't give up hope just yet. It's the last thing to go. When you have lost hope, you have lost everything. And when you think all is lost, when all is dire and bleak, there is always hope.
Dan akhirnya semangatku yang membara-bara kembali burned up! AHAHA dan gue pun mulai ikut logo design contest secara sering dan mungkin setiap harinya ada 5 kontes yang gue ikuti. Karena sistemnya pake rating gitu, sementara rating yang terbaik itu 5 star yang artinya si client suka banget sama desain kita (walaupun belum tentu menang) sedikit-sedikit gue udah bisa dapet sekitar 3-4 star rating, mungkin beberapa yang dapet rating 5 hehe...

Memperluas Area Kerja

Masih tetep nihil di 99designs memutuskan aku untuk mulai membuka akun di Freelancer, awalnya sih gue gak ngerti banget sama peraturan situs Freelancer karena menurut gue ribet dan kayanya lebih formal. Terus disitu bukan hanya kontes saja tetapi bisa kerja full time dengan client dari berbagai jenis bendera berbeda dengan Indonesia (seluruh dunia) dan pokonya kaya gitu deh!.

Kemenangan Pertama Gue!

Gue mulai mencari cara untuk bisa masuk kontes terutama kontes logo desain di Freelancer. Di Freelancer harga 1 kontes logo desain minimal $10 aja bro! wih murah ya :( tapi tenang aja soalnya banyak juga yang harganya gede, ya rata-rata $100-an lah.

Gue mulai browsing kontes logo yang tersedia, pada saat itu gue menemukan sebuah kontes logo untuk travel agency, harganya lumayan buat beli hp android lah hehe dan gue mulai tertarik karena brief nya mudah dipahami, singkat dan jelas. Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, upacara ben..... eh maksudnya gue mulai membuat desain dengan cara gue. 30 menit gue habiskan dan akhirnya jadi juga, terus gue segera submit desain gue ke kontes itu dan menunggu feedback dari client.

Setelah beberapa hari, melalui email ada sebuah notifikasi dari Freelancer. Dan ternyata betul, si client ngasih feedback buat desain gue. Katanya kurang ini lah itulah bla bla. Kebetulan desain gue di rating 4.. pada saat itu ada yang rating 5 dan berdiri sendiri, dia desainer dari Indonesia juga men (makannya lu jangan remehkan desainer-desainer dari Indonesia men!). Gue secepatnya merespon feedback si client kemudian merevisi logo desain yang gue bikin. Gue bikin sebuah ikon waktu itu memang dia minta agar ada elemen kaya kepala sapi gitu dan gue bikin sebisa gue (karena gue gak ada keahlian dalam membuat ikon) dan terpaksa gue bikin seadanya.

Setelah revisi selesai, gue sesegera mungkin submit logo yang versi baru itu, dan pada saat itu si client sedang on dan dia pun ngasih 5 star rating buat logo desainan gue!!! WAW gue seneng banget dan berharap banget menang pada saat itu. Beberapa kali revisi dilakukan sampe suatu saat penentuan pemenang karena jangka waktu submit desain telah ditutup. Akhirnya gue hanya bisa berdoa dan tawakal kepada Alloh, mun meunang pasti bungah pisan!!!
Transfer your contest winning entry for...
Gue kaget gan! ada email kayak gitu!! ternyata akhirnya gue MENANG, WIN, MEUNANG dll!!! Wah gue seneng banget pada saat itu!!!! Alhamdulillah Yaa Alloh!!!!!!. Akhirnya selama 7 bulan masa pencarian uang, dapet juga uang gan!!! Gue langsung kasih tau bapa gue dan mama gue, mereka seneng akhirnya gue bisa menghasilkan juga :) Sesegera mungkin gue kirim file nya dan akhirnya uangnya sudah sampai di rekening akun Freelancer gue hahaa :D

Penarikan uang gak susah, dikirim sebuah kartu debit mastercard dari Freelancer karena gue pada saat itu gak ada rekening bank di Indonesia. Biayanya gratis gan, seneng banget pokoknya tinggal kita tarik di ATM berlogo MasterCard.

To Be Continued... 

Hari demi hari berganti dan gue pun terus berjuang dalam mencari dollar. Selanjutnya, gue bisa menang dan menang lagi walaupun sampai saat ini cuman beberapa kontes logo yang gue menangin. Tapi, gue akan terus berusaha di desain grafis karena hal itu lah yang memberikan keuntungan terhadap gue.

Dan Akhirnya...



Gue berterimakasih banyak kepada Alloh, karena dengan rahmatNya gue bisa mendapat rejeki dari desain grafis walaupun nggak seberapa. Gue juga berterimakasih banyak kepada orang-orang yang selalu mensupport gue, orang tua, teman-teman, nenek, bibi dll... Karena kalian gue bisa karena kalian gue mampu sampai saat ini.

Intinya jujur, gue bukan seorang ahli desain grafis, gue hanya "anak kemarin" dengan keterbatasan gue ini. Akhirnya terjawab semua pertanyaan dari orang-orang terdekat gue. Gue bukan desainer, gue hanya pemimpi. Gue sangat bahagia dan selalu bahagia Insya Alloh. Intinya percaya pada diri kita sendiri, didalam diri kita terdapat sesuatu, sesuatu itu yang mestinya kita keluarkan dan buktikan! proof it, not say it. Semoga kisah ini menjadi pengalaman gue dan semoga bermanfaat bagi agan yang sudah baca semua artikel ini. Belum, kisah ini belum selesai sampai disini...

No comments:

Post a Comment

author
Reyki Reyvalda
Sedikit bisa desain, resep mengbal, bageur, bener, pinter. Mau kaos hadé? Cék didieu lur!